Ebook Tutorial Adobe Illustrator Berbahasa Indonesia

Adobe Illustrator merupakan salah satu program handal pengolah vector selain daripada CorelDraw dan Macromedia Freehand. Dengan Illustrator kita dapat mengontrol dan memanipulasi bentuk dari yang berukuran mikro sampai makro tanpa harus kehilangan kualitas gambar. Tools dalam Illustrator telah di-design proses doodling (line and curve), fills dan color effect dibuat dengan sangat menarik dan mudah.

Sekarang ini biasanya bila kita menyebutkan kata Adobe Illustrator, maka akan identik dengan saudaranya yaitu Adobe Photoshop. Keduanya bila digunakan sebagai media untuk membuat ilustrasi. Jadi apa bedanya dong…?

Pada dasarnya, photoshop menggunakan pixel dalam proses pengolahan gambarnya. Pixel adalah satuan titik terkecil berwarna yang menyusun sebuah gambar. Sebuah file dimana di dalamnya merupakan kombinasi dari banyak pixel dengan berbagai perpaduan warna disebut dengan bitmap atau raster image.

Berbeda dengan vector. Pada vector, gambar didefinisikan oleh garis bersegmen yang dikendalikan oleh anchor point. Vector bersifat scalable, maksudnya adalah dia bisa mencetak gambar baik itu dalam ukuran perangko sampai baliho tanpa kehilangan kualitas dan ketajaman gambar.

Itu tadi seklias pendahuluan tentang apa yang dinamakan dengan Adobe Illustrator, bitmap dan vector beserta hal-hal yang menyangkut di dalamnya.

Di sini saya akan share Ebook Adobe Illustrator dalam bentuk format flash player hasil karya anak bangsa yang terbentuk dalam suatu komunitas yang bernama “Club Ink” (Digital Art for Everyone). Dengan ebook ini, kita akan terbawa seolah membaca majalah online. Pembahasannya sangat singkat dan jelas, tidak bertele-tele. Seperti pada pendahuluan tadi, itu adalah salah satu isi potongan dari ebook-nya. Ebook tersebut terbagi atas empat bab, masing-masing babnya terdapat sub pokok bahasan yang sudah disetting untuk mulai dari beginner (pemula) sampai intermediate (menengah).

Yang lebih asyik lagi adalah ebook ini tidak terfokus pada tutorial salah satu versi Adobe Illustrator. Anda jangan khawatir, apapun versi Adobe Illustrator yang Anda miliki (CS2, CS3 atau CS yang lainnya), Anda bisa mempelajarinya dengan baik. Dan tak kalah menariknya lagi adalah ebook ini juga mengajarkan kepada kita cara men-tracing foto menjadi gambar vector (dalam ebook tersebut mengambil contoh foto Revalina S Temat).

Okey, berikut di bawah ini adalah screenshot ebook-nya :

Ebook Adobe Illustrator 01

Ebook Adobe Illustrator 02

Ebook Adobe Illustrator 03

Ebook Adobe Illustrator 04

Ebook Adobe Illustrator 05

Bagaimana, tertarik untuk memiliki book ini ? Jika jawaban Anda "ya", maka silahkan klik tautan/link (link asli dari si empunya) di bawah ini untuk mendownload ebook-nya :

Chapter 1 Chapter 2
Chapter 3 Chapter 4

Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Ingin Cari Artikel yang Lain? Ketikkan Kata Kunci di Sini:

Share this article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memiliki saran, masukan dan kritikan yang membangun untuk artikel tersebut, silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini. Terima kasih atas kunjungan Anda...