Keberadaan Tuhan, Taqdir dan syetan

Kalau sekilas kita baca judul dari postingan kali ini yakni Keberadaan Tuhan, Taqdir dan syetan..., hmmm terasa di dalam relung hati kita berdebar-debar bahkan bergetar. Ini bukti bahwa kita memiliki iman di dalam hati dan jiwa kita. Mudah-mudahan demikian..., amin.

Judul ini merupakan kesimpulan saya dari isi pesan salah satu teman FB saya dan dia juga teman saya waktu di Pondok Pesantren dulu. Saya membaca pesan tersebut, spontan hati saya merasa terhentak dan sedikit tergelitik dibuatnya. Mau dibilang isinya lelucon juga bukan, karena di dalamnya sarat akan pengetahuan tentang keimanan dan Tauhid terhadap Sang Kholik (Sang Pencipta) Alloh SWT.

Baiklah..., daripada berlama-lama prolog-nya yang bikin anda semua penasaran, langsung saja silahkan anda simak isi pesan teman saya yang dia kirim di sebuah lapak FB...:

Pada suatu hari hasan basri setelah dia menuntut ilmu jauh dinegri paman syam hanya guna mencari kebenaran yang selam ini dia pikirkan sampai dia sendiri tidak tahu harus mencari jawabnnya, ahirnya dia datanglah ke kiyai2 mulai kiyai kotaan sampai kiyai kampungan baik kiyai ahli faqih sampai kiyai ahli kalam, untuk mencari jawaban tersebut..

Setelah sekian kali dia datangin kiyai2 tersebut tetapi masih belum mendapatkan kepuasan dari jawaban tersebut, ahirnya dia istirahat disebuah mushola kecil dideket sungai disebuah perkampungan untuk melakukan sholat isya', kemudian dengan sombong dia bertanya pada kiyai kampungan tersebut yang dia pikir tdk mengenyam pendidikan kuliah apalgi untuk kuliah diluar negri, karena merasa sudah putus asa mencari jawaban tersebut sehingga ada sebuah keinginan untuk iseng-iseng aza karena punya keyakinan kalau kiyai tersebut bakal tidak bisa menjawab, dan dia paling risih melihat kiyai yang tua tersebut dicium2 tangannya oleh para jamaah mushola yang kalau dilihat dari pakaiannya dari kalangan para petani.

hasan : Assalamualaikum pa kiyai.. (dengan salaman tetapi tidak mencium tangannya tidak seperti para jamaah)

pak kiyai : alaikasalam anak muda.. (pak kiyai hanya senyum biasa)

hasan : saya punya permasalahan yang mengganjal dipikiran saya..

pak kiyai ; apakah itu?

hasan : 1. tolong tunjukan Tuhan itu dimn? 2.syaethan kan terbuiat dari api kenapa dimasukin neraka sedangkan neraka itu api maka hanyalah sia2. 3. apa maksud taqdir?

pak kiyai: PLAKKK..!!! (sebuah tamparan mendarat di pipi anak muda tersebut)

anak muda tersebut kaget bukan maen..

anak muda : kenapa pa kiyai menampar saya..

pak kiyai: itulah jawaban dari segala pertanyaan kamu..

anak muda: maksudnya?

pak kiyai: pertanyaan pertama tunjukan Tuhan, jawabannya coba tunjukan rasa sakit kamu kepada saya? jawaban kedua kamu terbuatdari tanah dan tangan saya terbuat dari tanah kira-kira sakit tidak tamparan saya? jawaban ketiga kamu kena tamparan saya adalah taqdir...

anak muda tersebut ahirnya diam sambil berpikir, bener juga jawaban dari kiyai tersebut, dan ahirnya pamitan pulang dengan mencium tangan pak kiyai tersebut..

Dari isi pesan (cerita) tersebut, mudah-mudahan bisa menjadi bahan renungan kita sebagi umat Islam. Dan bisa menambah serta mempertebal keimanan kita kepada Alloh SWT.

Semoga postingan saya ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk anda semua. Amin Allohumma amin...

Ingin Cari Artikel yang Lain? Ketikkan Kata Kunci di Sini:

Share this article on :

2 komentar:

pak imron mengatakan...

He he he....
Sungguh2 bermakna...
Lucu juga cara jawabnya pak kyai...
biar kapok sekalian tuch anak muda sok tau

Mohammad Nur Hidayat mengatakan...

@Pak Imron:
Terima kasih kunjungannya Pak.
Hehehe... iya Pak, lucu dan bermakna sekali isinya.
Semoga bermnafaat...

Posting Komentar

Jika Anda memiliki saran, masukan dan kritikan yang membangun untuk artikel tersebut, silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini. Terima kasih atas kunjungan Anda...